Categories
Uncategorized

Cara Cek Tahun Keberangkatan Haji Melalui Porsi Haji Anda!

Tidak semua orang memiliki kesempatan yang cepat untuk segera naik haji. Meski tidak dipungkiri, semua umat muslim pasti ingin segera menunaikannya. Selain terkendala biaya, sulitnya naik haji membuat ibadah ini tidak semudah melakukan ibadah agama Islam lainnya.

Ada proses panjang yang harus dilalui untuk mempersiapkannya, Pun, ketika sudah berhasil mendaftar, keberangkatan haji tidak bisa ditentukan dengan cepat. Pasalnya, jamaah harus mengantri dengan jamaah lain yang sudah mendaftar.

Cara Memperbarui Perkiraan Keberangkatan Haji

Pemerintah Indonesia mendapatkan jumlah kuota haji yang cukup terbatas dari Pemerintah Arab Saudi. Kita tahu bahwa jamaah haji bukan hanya dari Indonesia saja. Bahkan jamaah dari seluruh dunia pun ikut mengantri untuk bisa melaksanakan ibadah haji.

Pendaftar haji di tanah air juga terus meningkat setiap tahunnya. Jumlah ini tidak sebanding dengan porsi yang disediakan oleh Pemerintah Arab Saudi. Itulah mengapa, antrian panjang jamaah haji terus mengular setiap tahunnya.

Jika Anda mendaftar haji pada tahun ini, belum tentu Anda bisa berangkat tahun depan atau dua tahun lagi. Bisa-bisa, Anda akan berangkat 10 tahun mendatang jika melihat kondisi antrean jamaah haji saat ini. Kendati demikian, hal ini tidak menyurutkan niat jamaah haji Indonesia untuk berangkat ke tanah suci. Setiap tahun selalu ada saja jamaah yang mendaftar untuk naik haji.

Antrean yang Anda miliki sekarang ini bukan jaminan pasti kapan Anda bisa berangkat. Antrean ini dapat berubah sewaktu-waktu karena beberapa penyebab. Pertama adalah ditambahnya jumlah kuota haji Indonesia oleh Pemerintah Arab Saudi. Semakin besar jumlah kuota haji, semakin cepat berangkat antrian jamaah sebelum Anda. Semakin cepat pula kemungkinan Anda berangkat haji.

Penyebab kedua adalah beberapa calon jamaah ada yang tidak memenuhi persyaratan untuk berangkat haji. Salah satu contohnya adalah terserang penyakit yang tidak memungkinkan untuk pergi ke luar negeri atau calon jamaah meninggal dunia. Kemungkinan seperti ini memang cukup jarang terjadi, namun bisa menjadi salah satu pertimbangan kemungkinan cepatnya jadwal naik haji.

Oleh sebab itu, Anda harus selalu mengecek porsi keberangkatan haji Anda. Siapa tahu, jadwal keberangkatan Anda lebih cepat dari jadwal awal yang Anda dapatkan. Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek jadwal keberangkatan haji Anda. Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Melalui Website Resmi Kementrian Agama

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melihat langsung ke website resmi Kementerian Agama. Alamat websitenya adalah https://haji.kemenag.go.id. Di sini, Anda bisa mengetahui secara langsung, detail dan akurat sesuai data dari Kementerian Agama.

Untuk mengecek jadwal keberangkatan haji, Anda membutuhkan nomor porsi haji yang ada dalam Surat Pendaftaran Pergi Haji (SPPH). Anda akan diminta memasukkan nomor porsi haji dan akan muncul perkiraan terbaru jadwal keberangkatan Anda.

  • Menghubungi Call Center Haji

Jika nama Anda tidak muncul dalam website resmi Kementerian Agama, Anda bisa menghubungi call center haji di nomor 021 500425. Staff yang bertugas akan membantu Anda melihat jadwal keberangkatan haji. Jika saluran call center ini mengalami kendala, solusi terbaiknya adalah langsung mendatangi Kantor Kementrian Agama tempat Anda mendaftar haji.

Kunjungi Travel Umrah dan Haji https://www.hayatuntour.com/

Dengan mengetahui jadwal keberangkatan haji sejak dini, Anda akan memiliki cukup waktu mempersiapkan semua keperluan yang akan dibutuhkan untuk prosesi ibadah ini. Termasuk salah satunya adalah memilih mitra penyelenggara haji yang tepat untuk mengakomodasi semua kebutuhan Anda di tanah suci. Semua persiapan ini ditujukan supaya pelaksanaan ibadah haji Anda menjadi aman, lancar dan berkesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *