Categories
Uncategorized

Jalan Sore melihat monumen pattimura di Ambon

Apabila jalan- jalan di Kota Ambon jangan lewati arca pahlawan ini. Monumen Pattimura melambang kegigihan penduduk Ambon melawan penjajah.

Salah satu objek mempesona buat mengenang perjuangan pahlawan nasional di Kota Ambon merupakan Arca Pattimura. Arca yagn dibentuk di pusat kota ini jadi salah satu spot wisata yang harus didatangi apabila ke Kota Ambon.

Thomas Matulessy ataupun yang diketahui dengan Pattimura ialah salah satu pahlawan nasional yang gigih melawan penjajah. Tanpa rasa khawatir sedikit juga ia mengetuai warga Ambon buat menentang penjajah yang mau memahami perdagangan rempah. Apalagi para pemimpin VOC terbuat gentar oleh keberanian serta kecerdikan Pattimura.

Liburan di kota Ambon terasa tidak lengkap jika belum main ke bermacam monumen memiliki, aset masa kemerdekaan. Salah satu yang telah tentu menarik atensi merupakan Monumen Pattimura.

Telah berdiri semenjak 2008 kemudian, Monumen Pattimura ialah ikon ibukota Provinsi Maluku ini. Terletak di persimpangan antara jalur Slamet Riyadi, Imam Bonjol serta Pattimura, monumen ini didirikan buat mengenang jasa- jasa si pahlawan nasional yang mempunyai nama lengkap Thomas Matulessy.

Semacam yang ditulis bermacam novel sejarah, Pattimura merupakan wujud yang mengetuai perjuangan rakyat Maluku menggempur Benteng Pertahanan Belanda, Durstede pada 1871. Diketahui mempunyai strategi perang yang brilian, dia sanggup menumpas habis para penjajah serta sukses menduduki benteng yang terletak di Pulau Saparua tersebut.

Tidak hanya itu, pertempuran di Tepi laut Waisisil sampai Jazirah Hitu di Pulau Ambon serta Mengerikan Selatan pula sukses dimenangkan berkat keberanian Pattimura. Dia cuma bisa ditaklukkan usai Belanda membebaskan politik adu domba lantaran kehilangan ide mengalami Pattimura serta pasukannya.

Dibuat dari perunggu, Monumen Pattimura mempunyai besar 7 m dengan berat yang hampir menggapai 4 ton. Dengan dana sebesar Rp2 miliyar, Monumen Pattimura berdiri tegak cuma 10 m dari posisi arca aslinya, yang kebetulan pula jadi posisi tiang gantung yang merenggut nyawa si pahlawan.

Dengan 5 kolam penyangga yang terletak di sekelilingnya, Monumen Pattimura jadi energi tarik wisata yang lumayan diminati warga lokal ataupun wisatawan. Posisinya yang terletak di jalur utama membuat Monumen Pattimura gampang sekali buat ditemui.

Bermacam kegiatan seru dapat dicoba di dekat Monumen Pattimura. Mulai dari berpotret- potret dengan latar balik monumen sampai mencari sunset di sore hari dengan latar balik seragam.

Bagaikan wujud rasa hormat serta mengenang jasa serta kegigihan Pattimura, hingga dibangunlah suatu monumen buat mengenang keberaniannya. Monumen ini jadi salah satu lokasii kesukaan warga Ambon buat menghabiskan waktu.

Sebagian waktu kemudian detikTravel berkunjung ke Kota Ambon serta singgah ke arca pahlawan ini. Arca Pattimura dibentuk di Halaman Pattimura, pas di depan Balai Kota Ambon.

Arca Pattimura ini pula dekat dengan Lapangan Merdeka, salah satu pusat keramaian di Ambon. Umumnya dikala sore hari warga Ambon ramai berkumpul serta olahraga. Terdapat yang jogging, bermain voli, basket, sepakbola, maupun hanya jalan- jalan santai.

Dari Halaman Pattimura, traveler bisa memandang dengan jelas gedung Balai Kota yang berhadapan langsung dengan halaman. Pula traverel dapat memandang dengan bebas gimana warga Ambon menghabiskan waktu sorenya di mari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *