Categories
Uncategorized

Ragam Usaha yang Bisa Dilakukan oleh Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga merupakan profesi yang cukup melelahkan, apalagi jika memiliki banyak anak yang masih berusia dini. Namun ketika anak-anak tersebut tumbuh besar, beban kerja ibu rumah tangga akan berkurang dengan sendirinya. Anak-anak yang tadinya harus diurus segala keperluannya, kini mampu mandiri dan mengurus dirinya sendiri. Oleh sebab itu, seorang ibu rumah tangga bisa memiliki banyak waktu luang. Jika Anda seorang ibu rumah tangga seperti ini, ada baiknya mencoba beberapa bisnis rumahan di bawah ini. Selain bisa untuk mengisi waktu, bisnis ibu rumah tangga pun tetap bisa berkarya dan mampu menghasilkan keuntungan besar.

Usaha yang Cocok untuk IRT di Rumah

Jika banyak waktu tersisa tanpa ada pekerjaan yang berarti, seorang ibu rumah tangga memang sebaiknya memulai sebuah bisnis. Selain memaksimalkan waktu, pekerjaan sampingan ini akan meningkatkan kreativitas dan pastinya menambah penghasilan. Ibu rumah tangga juga seorang pribadi yang perlu mengupgrade dirinya sendiri. Melalui bisnis, seorang ibu bisa mencurahkan kemampuan dan keahlian yang dimiliki dari pada hanya berdiam diri.

Berikut ini adalah beberapa jenis usaha yang cocok dijalani oleh seorang ibu rumah tangga, diantaranya adalah:

  • Katering

Mungkin waktu Anda tidak akan memadai jika harus membuka warung makan karena usaha kuliner ini cukup menyita waktu. Solusinya, Anda bisa membuka usaha katering. Bisnis katering tidak membutuhkan waktu panjang seperti di warung makan. Anda bisa mengambil kesempatan menyediakan makan siang di sebuah kantor atau sekolahan tanpa harus membuka warung. Persiapannya cukup singkat yaitu hanya ketika menjelang makan siang saja. Tidak perlu seharian atau sampai sore seperti halnya di warung makan.

  • Jual Makanan Ringan

Usaha sampingan yang juga cukup menghasilkan adalah berjualan snack atau makanan ringan di rumah. Konsumennya adalah anak-anak tetangga atau teman sekolah si kecil. Berjualan snack tidak terlalu memakan waktu. Anda bisa membeli snack jadi atau snack kiloan untuk kemudian dikemas sendiri. Untuk snack yang dikemas sendiri, bisa dititipkan di warung, toko atau kantin sekolah. Penghasilannya memang tidak seberapa, namun bisa digunakan untuk menambah uang jajan anak atau membeli kosmetik.

  • Bisnis Online atau Dropshipper

Bisnis Online atau Dropshipper tidak terlalu menguras banyak waktu dan tenaga. Barang dagangan bisa dikirim langsung dari supplier ke pelanggan. Cara ini sangat mudah dan tidak perlu kerja keras. Berjualan online memang hanya membutuhkan sedikit waktu namun dilakukan secara terus menerus. Anda harus selalu siap menanggapi pertanyaan dan pesanan yang dilakukan secara online.

Bisnis online sangat diminati oleh ibu rumah tangga masa kini. Tidak dipungkiri, sekarang ini hampir setiap orang tidak bisa lepas dari handphone. Setiap waktu dan setiap saat handphone selalu menjadi perhatian nomor satu. Itulah mengapa bisnis online marak dilakukan oleh para ibu rumah tangga. Selain menghasilkan uang, bisnis ini cukup dilakukan dengan handphone saja.

  • Jual Kerajinan dan Aksesoris

Bisnis jual aksesoris juga sangat cocok bagi ibu rumah tangga khususnya bagi mereka yang memiliki bakat seni dan terampil. Anda bisa menciptakan berbagai macam kreasi tangan seperti kerajinan, aksesoris, benda daur ulang dan lain sebagainya. Semua benda ini akan menjadi benda layak jual yang bernilai tinggi. Anda bisa menjualnya secara online melalui media-media sosial. Ide bisnis diatas bisa menjadi pilihan Anda untuk mengisi waktu luang dan tetap aktif sebagai pribadi. Menjadi ibu rumah tangga tidak berarti Anda harus mengubur diri dalam aktivitas rumah tangga sehari-hari. Pastikan untuk selalu meningkatkan ketrampilan dan kreativitas supaya usaha Anda terus berjalan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *